Keliling Dubai Hemat Murah ala Backpacker

desert safari

desert safari

Banyak yang mengira bahwa jalan-jalan keliling Dubai pasti lah sangat mahal dan menguras isi kantong karena Dubai merupakan kota megapolitan. Jika anda juga mengira demikian, maka anda salah. Kami akan memberikan tips agar anda bisa keliling Dubai, mengunjungi tempat-tempat yang indah tetapi hemat alias murah.

Tips pertama dan utama adalah anda harus punya Nol Card. Kenapa harus? Karena Nol Card sangat diperlukan ketika anda memakai moda trasportasi umum seperti City Bus, dan Metro, Water Bus. Lebih rinci tentang Nol Card bisa di baca di sini.

Namun kali ini kami akan mengajak anda mengelilingi Dubai dengan Metro. Karena selain mudah, murah dan juga cepat, metro sangat nyaman dipakai untuk berkeliling.

Dubai Creek – Bur Dubai Souq – Deira City

Kita akan memulai perjalanan ini dari stasiun bus Al Ghubaiba. Anda bisa membeli Nol Card disini. Setelah itu jalan kaki sekitar 15 menit menuju ke Bur Dubai Souq yang merupakan pusat perdagangan tradisional khas Dubai.

Bur Dubai Souq

Bur Dubai Souq

Banyak kios-kios di sepanjang jalan yang Anda lewati. Kios-kios tersebut menjual aneka ragam dari kain, pakaian, sepatu/sandal, aksesoris dan kerajinan tangan tradisional lainnya dengan harga yang bervariasi pada tiap-tiap kios.

Anda harus pintar-pintar menawar untuk mendapatkan harga yang murah. Disinilah keistimewaannya. Karena di tempat lain biasanya penjual sudah mematok harga pas. Tapi disini Anda bisa tawar menawar selayaknya pasar tradisional. Hal seperti ini sangat jarang Anda jumpai di Dubai.

Bur Dubai Souq

Bur Dubai Souq

Tempatnya sangat bersih dan indah karena kios-kios tersebut dibangun ratusan tahun yang lalu dan beberapa pilar kayu yang terukir indah menjadi pemandangan tersendiri. Jangan lupa belanja aneka souvenir disini untuk oleh-oleh.

Setelah puas berbelanja, anda bisa melanjutkan jalan kaki ke sebelah souq yaitu Dubai Creek. Letaknya parallel dengan Bur Dubai Souq. Disini anda bisa menyeberang dengan menaiki Abra dari Stasiun Dubai Creek menuju Deira City dan anda bisa menjelajahinya.

Banyak restoran maupun toko yang menjual barang-barang dengan harga murah. Tariff Abra AED 2 per orang. Jangan lupa gunakan Nol Crad anda disini untuk kembali anda bisa menaiki Abra lagi. Atau anda juga bisa mencoba water bus yang akan mengajak anda berkeliling sepanjang Dubai Creek,momen yang indah untuk melihat pemandangan sekitar dan mengabadikannya.

Dubai Museum

desert safari tarian arab

desert safari tarian arab

Selanjutnya kembali ke stasiun Dubai Creek dan melanjutkan perjalanan menuju Dubai museum. Letaknya kira-kira 15 menit di tempuh dengan jalan kaki. Meseum ini terletak di jalan Al Fahidi atau Al Fahidi Fort.

Museum yang dibangun pada tahun 1787 sebagai benteng bertahan dari serangan invasi, merupakan bangunan tertua di kota Dubai. Di buka sebagai museum pada tahun 1971. Disini anda bisa melihat buktu-bukti sejarah, kerajinan tangan khas Dubai, suasana kehidupan orang-orang nya dari jaman dahulu hingga sekarang.

Dubai museum

Dubai museum

Tiket masuk hanya AED 3 per orang. Waktu kunjungan setiap hari dari jam 8.30 pagi sampai jam 8.30 malam kecuali jumat dari jam 2.30 sore sampai 8.30 malam.

Dari Dubai Meuseum anda bisa menuju ke stasiun metro Al Ghubaiba yang letaknya sekitar 5 menit dari stasiun bus di tempuh dengan jalan kaki. Naik metro dari stasiun tersebut lalu turun di stasiun Burjuman, yang sebelumnya bernama stasiun Khalid bin Al Waleed. Lama perjalanan sekitar 5 menit dengan tariff AED 3-4 per orang.

BACA JUGA:  Ski Dubai, Berselancar dan Menikmati Salju di Gurun

Di stasiun burjuman ganti metro ke arah stasiun Dubai mall. Lama perjalanan kurang lebih 10 menit dengan tariff AED 3-4 per orang. Sesampainya di stasiun Dubai Mall, anda jalan kaki ke arah Dubai Mall kira-kira 10 menit.

 

Dubai Mall – Aquarium & Underwater Zoo – Dancing Fountain – Burj Al khalifa

Di Dubai Mall Anda bisa menikmati beberapa objek istimewa di dalam satu tempat ini. Bila anda masuk ke mall ini, anda akan menemui aquarium terbesar di dalam nya. Anda bisa menikmati pemandangan underwater zoo secara gratis. Aquarium ini tercatat di Guinness Book Record sebagai Aquarium terbesar di Dunia.

dubai aquarium & underwater zoo1

dubai aquarium & underwater zoo1

Setelah itu anda menuju ke sisi kanan mall melalui jalur dalam mall. Jika waktu kunjungan anda pas, anda bisa melihat Dancing Fountain, Dancing Fountain ini merupakan terbesar di dunia. Seperti namanya, air mancur ini bisa berdansa dengan diiringi music. Dan di malam hari Anda bisa melihat gemerlap cahaya mewarnai setiap gerakannya. Sangat indah sekali. Bila ingin melihat Dancing Fountain ini pastikan anda tahu jadwalnya.

Dancing Fountain

Dancing Fountain

Berikut jadwal pertunjukan Dancing Fountain:

Minggu – Rabu:

1.00 siang dan 1.30 siang

6.00 sore – 11.00 malam, setiap 30 menit

Kamis – Sabtu

1.00 siang dan 1.30 siang

6.00 sore – 11.30 malam, setiap 30 menit

Dari tempat ini anda bisa melihat Burj Al Khalifa dari dekat yang begitu megah dan menjulang tinggi. Di dalam mall ini anda juga bisa melihat juga Wall of Water yang sangat indah dan menarik untuk ber-selfie ria bersama keluarga. Ada juga virtual city of Europe di dekat sana.

Satu hal lagi, disini anda juga bisa bermain ski. Sepatu dan helmet tersedia untuk di sewa baik untuk anak-anak maupun dewasa. Kalau anda ingin mencobanya anda bisa merogoh saku anda sebesar AED 55 merupakan tariff sesi standar selama 1 jam 45 menit. Waktu buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam kecuali hari kamis sampai sabtu dari jam 11 pagi sampai tengah malam.

Mall Of Emirates – Dubai Miracle Garden

Miracle Garden

Jika waktu liburan anda termasuk pada saat musim dingin, antara bukan Oktober-Maret, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Dubai Miracle Garden. Tetapi jika liburan anda pada musim panas, anda bisa skip Dubai Miracle Garden dari daftar anda.

Untuk menuju ke Dubai Miracle Garden (DMG) tidak ada metro yang langsung menuju kesana. Tetapi bukan berarti anda tidak bisa kesana. Kami akan mengajak anda kesana dengan menggunakan metro dan bis.

Dari stasiun metro Burj Al Khalifa/Dubai mall, anda bisa menaiki metro ke arah stasiun metro Mall Of Emirates (MOE). Jika anda tidak tahu, anda bisa bertanya kepada petugas disana metro mana yang bisa anda naiki. Hanya AED 3-4 per orang tarifnya.

Sesampainya di stasiun metro MOE anda bisa saja mengunjungi Mall Of Emirates /MOE terlebih dahulu. Karena Mall ini sangat besar juga di dalamnya banyak arsitertur-arsitektur yang indah yang rasanya sayang bila tidak di abadikan momennya. Untuk urusan belanja disini harus berkantong tebal.

Setelah menjelajah MOE, anda bisa menaiki bis F30 dari depan MOE menuju ke Arabian Ranches, turun di Saheel Gate 2 bus stop. Hanya AED 2 per orang. Jangan lupa gunakan kartu sakti anda, Nol Card. Dari sini anda bisa naik taksi menuju Miracle Garden.

BACA JUGA:  Cara Berkunjung Ke Palm Jumeirah Dubai

Perjalanan sekitar 5 menit dengan perkiraan biaya AED 15. Atau jika anda menghendaki, anda bisa naik taksi dari MOE langsung menuju ke DMG. Besarnya ongkos taksi kira-kira AED 30. Selain menghemat waktu, cara ini lebih irit jika anda tidak sendirian.

Sekarang anda sudah sampai di Dubai Miracle garden. Biaya tiket masuk AED 30 dan gratis untuk anak-anak di bawah 3 tahun. Waktu kunjungan dari jam 9.00 am – 9.00 pm kecuali Jumat-Sabtu dari jam 9.00. am – 11.00 pm. Disini Anda bisa melihat pemandangan flora yang beraneka ragam bentuk, warna, aroma dan keindahannya.

Berbagai macam dan jenis bunga dari berbagai negara bisa anda jumpai disini. Di hias dan di desain sedemikian rupa membuat para pengunjung terpesona. Tak heran jika Miracle Garden ini masuk ke Guinness Book Record tercatat sebagai “Largest Vertical Garden” in The World. Taman ini juga disebut ” Piece of Eden”.

Burj Al Arab

Burj Al Arab

Burj Al Arab

Jika ingin melihat Burj Al Arab, anda bisa melanjutkan perjalanan ke sana. Terlebih dahulu anda kembali ke stasiun metro MOE. Jika anda naik taksi dari DMG langsung turun di Burj Al Arab, biayanya sekitar AED 40 dengan lama perjalanan kurang lebih 20 menit.

Tetapi jika ingin lebih hemat, anda bisa naik cab dari DMG. Cab ini seperti van. Biasanya di patok AED 5 per orang sampai ke stasiun metro di MOE.

Dari sini anda bisa naik taksi ke Burj Al Arab dengan ongkos AED 10 kurang lebihnya. Cara ini lebih lama tetapi lebih hemat.

Tetapi jika anda tidak sendirian, anda bisa menempuh cara pertama. Lebih cepat dan tidak mahal.

Di Burj Al Arab ini anda tidak diperkenankan masuk kecuali anda ingin menginap atau makan disana. Dan untuk makan disana, anda harus reservasi tempat terlebih dahulu. Tidak mengapa, anda masih bisa mengabadikan momen anda di sekitar Burj Al Arab dan memandang kemegahan hotel berbintang tujuh yang sudah menjadi symbol kota Dubai.

Selanjutnya untuk kembali ke Al Ghubaiba, anda bisa menaiki taksi untuk sampai ke stasiun metro MOE menuju stasiun Burjuman lalu pindah ke metro lain menuju ke arah stasiun metro Al Ghubaiba.

Hotel dan Restoran

Banyak hotel dengan tarif per malam yang lumayan murah mulai AED 200 per malam di dekat area Bur Dubai. Disini lokasinya sangat strategis, ramai, transportasinya mudah serta dekat dengan restoran yang harganya juga tidak mahal serta dekat pasar tradisional yang menjual segala macam barang dengan harga yang terjangkau untuk para pelancong. Jangan lupa tawar menawar disini untuk mendapatkan harga yang pas.

Berikut beberapa hotel berbintang tiga yang murah:

Howard Johnson Bur Dubai

Panorama Hotel Bur Dubai

Ambassador Hotel

Admiral hotel

Howard Johnson Bur Dubai

Howard Johnson Bur Dubai

Selain hotel diatas masih banyak hotel lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai tariff terkini, ketersediaan kamar, fasilitas dan lain-lain, anda bisa cek websitenya. Atau untuk lebih hemat, anda bisa menggunakan fasilitas seperti Agoda misalnya untuk mendapatkan hotel yang sesuai dengan pilihan anda dengan diskon.

Semoga informasi dan tips dari kami tentang Keliling Dubai Hemat Murah ala Backpacker kali ini bermanfaat. Kami akan menyajikan tips lainnya untuk anda selama berkunjung ke Dubai. Selamat Berlibur!

Related Post