Bukan Dubai namanya kalau tidak bisa menghadirkan sesuatu yang mendunia. Selain menara tertingginya, Burj Khalifa, Dubai juga mempunyai sesuatu yang sangat menakjubkan, Palm Island yang merupakan pulau buatan manusia yang menyerupai pohon palm. Ingin tahu lebih lanjut tentang yang satu ini? Yuk kita simak ulasan berikut dan siapkan diri anda untuk berwisata ke Palm Island Dubai.

Proyek Palm Island

dubai new development

Dubai saat ini mempunyai pulau buatan manusia diantaranya masih dalam pembangunan yang nantinya akan menjadi pulau buatan manusia terbesar di jagat raya ini. Pulau-pulau ini dibangun diatas lautan tepatnya di pesisir pantai Persian Gulf dengan menggunakan metode reklamasi lahan.

Pasir di keruk dari dasar Persian Gulf kemudian di semprotkan ke area yang di perlukan dengan kapal pengeruk yang menggunakan sistem yang bernama Global Positioning System. Metode penyemprotan ini disebut Rainbowing karena seperti busur yang menyemprotkan pasir ke udara membentuk lingkaran pelangi. Dua perusahaan yang melakukan konstruksi proyek ini adalah Jan De Nul dari Belgia dan Van Oord dari Belanda.

Nantinya akan terdapat 3 Palm Island, World Island dan Universe Island. Saat ini World Island dan Universe Island masih dalam tahap pembangunan. Berikut hasil penelusuran tiap-tiap island yang sebagian sudah bisa anda nikmati dalam wisata anda ke Dubai.

1. Palm Jumeirah

palm island resort

Palm Jumeirah mulai di bangun pada bulan Juni tahun 2001, merupakan pulau palm buatan terkecil dari 3 palm dan serangkaian project yang sedang di bangun. Namun begitu, pada tahun 2007 Palm Jumeirah ini menyandang predikat sebagai pulau buatan manusia terbesar di Dunia. Luasnya Palm Jumeirah ini 5 kilometer panjang dan 5 kilometer lebar membuat jumlah total garis pantai Dubai atau shoreline menjadi 560 kilometer. Selain itu material yang digunakan untuk membuat Palm Jumeirah bisa setara dengan membuat dinding setebal setengah meter dengan tinggi 2 meter yang panjangnya mampu mengelilingi bumi sebanyak tiga kali.

Di sebut palm karena pulau ini menyerupai bentuk pohon palm yang terdiri dari:

– Batang Palm / Palm Trunk

Pada batang palm yang panjangnya 2 kilometer berdiri 20 bangunan yang merupakan hotel dan apartemen dimana diantara tiap bangunan terdapat kolam renang dan gym dengan bagian bawah batang merupakan gate atau pintu gerbang utamanya. Tiap-tiap bangunan tersebut mempunyai ketinggian atau jumlah lantai yang sama. Bangunan yang berjajar disisi kanan mempunyai akses langsung dengan pantai sedangkan yang di sebelah kiri harus menyebrang jalan terlebih dahulu untuk menuju ke pantai.

Sementara di jantung palm sedang di bangun Nakheel Mall, mall besar yang nantinya seluas 418.000 meter persegi yang terdiri 5 lantai untuk retail dengan lebih dari 100.000 meter persegi luas untuk outlet-outlet, 3 basement untuk parkir yang mampu menampung 4,000 kendaraan dan juga terdapat 200 outlet disana, 2 departemen store besar, bioskop, medical center, fitnes komplek, juga roof plaza dan restoran. Di mall ini juga akan terdapat observation tower setinggi 200 meter dimana pengunjung bisa melihat Palm secara keseluruhan. Mall yang dibangun dengan biaya 1.2 triliun dirham ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2016. Awalnya di tahun 2005 di jantung palm ini akan di bangun Trump Tower namun kontraknya di batalkan demikian juga rencana pembangunan Village Center ditangguhkan dan di ganti dengan pembangunan Nkheel Mall ini.

BACA JUGA:  Cara Membuat Visa UAE Melalui TT Services

Disamping Nakheel mall nantinya akan dibangun Palm Tower yang merupakan hotel berbintang lima. Hotel ini nantinya terdapat 504 residence mewah, dan pada 18 lantai pertamanya terdapat 290 kamar hotel. Rooftop restoran dengan kolam renang akan ditambahkan untuk kepuasan pengunjungnya.

– Daun / Palm Frond

Mempunyai total 17 mahkota daun yang mana berdiri villa hunian berjajar-jajar di 16 mahkota daunnya. Ada dua jenis villa yaitu “Garden Homes” yang berukuran kecil dengan 3-5 kamar tidur dan “Signature Villas” yang mempunyai 5-7 kamar tidur. Harga villa tersebut bervariasi tergantung dari kode huruf dan angka. Semakin tinggi huruf dan angka, harga villa akan semakin mahal. Namun demikian villa-villa tersebut sudah terjual dalam waktu yang singkat.

– Sabit / Crescent

Palm Jumeirah terdapat sabit yang melungkupi diatas palm. Sabit ini berfungsi sebagai dinding pemecah gelombang / breakwater yang terbuat dari 94 juta kubik meter pasir dan batu besar yang jumlahnya lebih dari 7.000.000 ton yang mana setiap batunya ditempatkan satu per satu dengan menggunakan mesin derek dan letaknya ditandai oleh penyelam dan diberi koordinate yang sesuai dengan Global Positioning System. Breakwater ini mempunyai panjang 11 kilometer dan merupakan satu-satunya breakwater lengkung yang pernah ada.

Disini berdiri beberapa hotel megah dan beberapa tempat tujuan wisata yang mendunia diantaranya Atlantis yang menghadirkan Aquaventure dan Dolphin Bay nya baik untuk tamu yang menginap maupun pengunjungnya. Selain Atlantis, hotel besar lainnya juga mempermegah crescent seperti Jumeirah Al Fattan Palm Resort, The Grandeur Residences, Kempinski Hotel Emerald Palace Dubai, Kingdom of Sheba, The Palm, Royal Amwaj, The Taj Exotica Resort and Spa, Royal Amwaj.

Crescent ini terhubung dengan batang daun / spine melalui tunel bawah laut. Tunel ini panjangnya 1.4 kilometer, lebar 40 meter dengan 6 jalur. Letaknya 25 meter dibawah level atas air laut dan bisa dilewati kapal diatasnya sampai 10 meter pertama.

Palm Monorel

dubai monorail

Transportasi umum yang menghubungkan Palm Jumeirah dari luar saat ini hanya monorel. Palm monorel ini mulai dibangun pada tahun 2006 dan mulai beroperasi pada tahun 2009. Beroperasi dari gate Palm lurus dr Trunk Palm hingga ke Atlantis Crescent. Saat ini monorel sudah terhubung dengan Dubai Tram dan sedang dibangun juga koneksi dengan Dubai Metro. Bagaimana cara menuju ke Palm Jumeirah? Bisa anda baca liputannya DISINI.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Berkunjung Ke Dubai?

2. Palm Jebel Ali

palm jebel aliPalm Jebel Ali mulai di bangun pada bulan Oktober 2002 dan dulunya di prediksikan akan rampung pada tahun 2008. Namun karena krisis ekonomi yang melanda Dubai, proyek ini tertunda hingga sekarang. Palm Jebel Ali nantinya 50 persen lebih besar dari Palm Jumeirah. Pembangunan Breakwater sudah selesai pada tahun 2006 dan pengerjaan infrastruktur di mulai pada tahun 2007. Namun belum ada lanjutan pengerjaan proyek ini.

Palm Jebel Ali di prediksikan mampu menampung 250.000 orang di rumah yang akan di bangun nanti. Di prediksikan juga tahun 2021 nanti pembangunan salah satu tahap dari empat theme park akan selesai yng terletak di Crescent nya. Keseluruhan Theme Parks ini disebut “World of Discovery” akan dibangun dan dioperasikan oleh the Busch Entertainment Corporation. Keempat theme parks tersebut adalah SeaWorld, Aquatica, Busch Gardens dan Discovery Cove. World of Discovery akan berada di ujung atas Crescent dan akan berbentuk sebuah Ocra.

Proses reklamasi dari Palm Jebel Ali termasuk pembuatan semenanjung sepajang 4 kilometer, dilindungi oleh Breakwater setebal 200 meter dan 17 kilometer panjangnya. Terdapat 210 juta kubik meter batu, pasir dan batu kapur dalam proses reklamasi yang sudah di lakukan sebagian berasal dari hasil pengerukan di pengerjaan pintu masuk dari Paln Jebel Ali. Ada sekitar 10 juta kubik meter batu pada pengerjaan Slope Protection nya.

 

3. Deira Island

diera island

Rencana awal pulau ini akan berbentuk Palm juga dan diberi nama Palm Deira. Namun kemudian proyek ini dibatalkan pada tahun 2008 karena krisis yang melanda Dubai hingga ptoyek ini dihentikan dan pada tahun 2013 diganti dengan pembangunan Deira Island yang mana bentuk pulaunya tidak seperti palm. Deira Island merupakan Waterfront City atau kota di tepi laut.

Karena proyek island ini sangat luas, pembangunannya dibagi dalah beberapa tahap.pada awal Oktober 2007 proses reklamasi selesai 20 persen dengan total 200 juta kubik meter pasir sudah digunakan. Kemudian pada April 2008 lebih dari seperempat Deira Island sudah direklamasi termasuk 80 persen adalah bagian depan dari Deira Island.

Ini merupakan tahap pertama dari proyek pembuatan Deira Island yang akan bersanding dengan Deira Corniche, antara pintu masuk ke Dubai Creek dan Al Hamriya Port. Deira island nantinya akan mempunyai 1.400 unit untuk retail ditambah hotel-hotel dan amphitheatre yang mampu menampung 30.000 orang.

Total area Deira Island diperkirakan seluas 15.3 kilometer persegi menambah seluas 40 kilometer garis pantai termasuk 21 kilometer pantai.

Selain tiga pulau atau island diatas masih ada pulau lainnya yaitu The World dan The Universe. Kami akan mengulas tentang keduanya di tulisan terpisah.

 

Image source : Wikipedia, thenational.ae

Related Post