Sebelumnya kita telah membahas tentang Cara berkunjung ke Dubai dan Persiapan Sebelum Berangkat ke Dubai. Selanjutnya mari kita simak Langkah-langkah dalam Melakukan Perjalanan ke Dubai.

Langkah-langkah dalam Melakukan Perjalanan ke Dubai

d2

Sekarang anda sudah siap berangkat. Pastikan anda sampai di bandara 3 jam sebelum pesawat berangkat. Di bandara Soekarno Hatta untuk penerbangan internasional ke UAE melalui terminal 2. Tergantung maskapainya nanti di terminal 2 D atau F atau yang lain. Ambil troli untuk memudahkan anda membawa barang bawaan anda tanpa merasa berat.

Untuk masuk ke ruang check in anda siapkan paspor dan tiket anda untuk diperiksa oleh petugas. Tetapi sebelum masuk anda harus melihat apakah counter check in maskapai anda sudah dibuka atau belum. Biasanya di dekat pintu check in ada monitor LCD yang menampilkan nomer penerbangan dan tujuan yang sudah dibuka check in nya.

Saat masuk ke ruang check in, anda harus menaruh tas bawaan anda termasuk jaket, jam tangan logam dan handphone anda taruh di dalam wadah yang sudah ada disana untuk di letakkan di tempat pengecekan. Kemudian troli anda masukkan lewat pintu troli dan anda masuk lewat pintu yang terdapat sensor dan ada petugas yang mengecek. Pastikan tidak ada benda logam lainnya di badan kecuali ikat pinggang.

Setelah selesai anda bisa menaruh barang-barang anda di troli kembali lalu menuju check in counter sesuai dengan maskapai penerbangan dan nomer penerbangan anda. Jika anda sudah melakukan online check in, anda tetap harus datang ke check in counter untuk menyerahkan tas tas anda dan petugas akan mengecek paspor, copy visa dan tiket anda atau copy boarding pas.

Tas-tas anda akan ditimbang beratnya dan diberi label yang terdapat nama anda dan nomer penerbangan. Kemudian anda akan diberikan stiker kecil yang ditempel di tiket anda atau di amplop boarding pass. Stiker itu untuk mengklaim tas anda di bandara tujuan nanti. Jadi jangan sampai hilang.

sukarno hatta

Setelah boarding pass di tangan, anda menerima kembali paspor, copy visa dan tiket anda, kini saatnya anda menuju ke counter imigrasi bandara. Anda siapkan paspor, copy visa dan boarding pas untuk di check petugas imigrasi. Petugas akan bertanya dalam rangka apa ke Dubai maka anda bisa jawab jalan-jalan. Setelah itu paspor anda akan di stempel “exit” oleh petugas. Jangan lupa cek lagi tanggal yang tertera di stempel harus sama dengan tanggal hari itu.

BACA JUGA:  Hal Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Dubai

Setelah proses cek imigrasi selesai, selanjutnya anda menuju ke pintu atau gate yang menuju ke pesawat. Jika masih ada waktu ada baiknya anda jalan-jalan di dalam bandara setelah anda tahu dimana letak gate anda. Di bandara terdapat free wifi sehingga anda bisa berselancar di dunia maya sembari menunggu. Jadi anda bisa menon-aktifkan mobile data anda agar anda tidak terkena roaming sesampainya di Dubai. Nomer gate tertera di boarding pas dan ketika anda menerima boarding pas, petugas akan memberi tanda nomer gate anda dan jam boarding atau memasuki ruang tunggu terakhir sebelum masuk pesawat.

Waktu boarding biasanya satu jam sebelum pesawat berangkat. Anda bisa masuk dan menunggu disana dan bersiap untuk memasuki pesawat.

Di dalam pesawat anda bisa duduk di kursi sesuai dengan nomer kursi yangbtercantung di boarding pas. Tidak boleh asal atau sekehendaknya. Anda taruh tas cabin di tempat yang sudah disediakan yaitu diatas kursi anda. Untuk tas tangan boleh anda pegang. Tetapi beberapa maskapai seperti etihad tetap menyarankan tas tangan untuk dimasukkan ke tempat penyimpanan.

Setelah pesawat take off atau terbang, anda diperbolehkan mengambilnya. Tetapi menunggu tanda sabuk pengaman boleh dibuka. Untuk maskapai seperti qatar airways atau Emirates memperbolehkan tas tangan anda pegang atau ditaruh dibawah kursi depan anda.

Setelah duduk, anda kenakan sabuk pengaman anda. Setelah itu sebaiknya matikan handphone anda atau ubah settingan ke flight mode. Anda akan diberikan selimut, bantal, handset untuk monitor kecil yang ada di depan anda yang merupakan hiburan untuk menemani perjalanan anda. Anda bisa melihat TV, mendengarkan musik, melihat film, main game dan lain-lain.

Perjalanan dari Jakarta ke Dubai langsung kira-kira 8 Jam kalau kalau tanpa transit. Selama dalam perjalanan anda bisa menikmati hidangan yang disajikan oleh maskapai. Jika anda memerlukan menu tertentu misalnya vegetarian food, anda bisa menghubungi call center maskapai yang anda pakai untuk memesannya dan di lakukan beberapa hari sebelum jadwal anda terbang.

BACA JUGA:  Dubai Miracle Garden, Sepotong Surga di atas Gurun Pasir

imigrasi

Sesampainya di dubai anda harus menuju ke visa counter terlebih dahulu untuk menukar visa copy anda dengan aslinya. Setelah itu anda antri di bagian imigrasi. Serahkan paspor dan visa asli anda . Kadang-kadang tiket pulang juga ditanyakan. Petugas imigrasi akan memberi stempel “entry” pada paspora anda pada tanggal hari itu. Setelah itu anda bisa mengambil tas di tempat yang telah ditentukan. Biasanya akan ada monitor yang menampilkan nomer penerbangan dan nomer baggage drop atau tempat dimana penerbangn anda akan men-drop tas-tas penumpangnya. Jangan lupa ambil troli terlebih dahulu.

Setelah mengambil bagasi anda bisa menuju ke pintu keluar. Anda bisa naik taksi untuk menuju ke hotel tempat anda menginap. Pastikan anda tahu nama hotel dan nama jalan serta nomer telpon hotel jika sopir taksi tidak tahu. Atau anda bisa request pihak hotel untuk menjemput anda bila anda khawatir tersesat. Gampang kan. Sekarang saatnya anda beristirahat.

nol cards

Jangan lupa sebelum mulai perjalanan berkeliling Dubai, terlebih dahulu anda beli nol card. Penjelasan tentang Nol Card bisa dibaca di  SINI .

Jika anda belanja oleh-oleh, jangan lupa berapa jumlah bagasi anda agar tidak terjadi overload yang mengakibatkan anda harus bayar biaya kelebihan bagasi. Jangan lupa abadikan setiap moment yang anda lewati selama di dubai.

Selama anda berada di dubai atau kota lainnya di UAE, anda harus tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Karena UAE merupakan negara muslim non demokrasi. Aturan dangat ketat dan berdasar pada aturan islam. Anda bisa baca ulasan lengkapnya di SINI.

Waktu liburan selesai, saat anda harus kembali ke tanah air atau melanjutkan berlibur ke negara lain mungkin, langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan ketika anda berangkat. Mudahan liburan anda menyenangkan. Selamat berlibur ke Dubai.

Related Post