paspor indonesia

Cara Membuat Paspor

Untuk membuat paspor, ada 2 cara yaitu :

1. Daftar Online.

Anda daftar online di website www.imigrasi.go.id. Caranya sebagai berikut:

1. Buka website www.imigrasi.go.Id kemudian lihat di menu-menu bagian atas ada yang namanya Layanan Publik. Klik disana lalu pilih Layanan Online – Layanan Paspor Online

2. Sekarang anda masuk ke halaman baru. Disini pilih Pra Permohonan Personal

3. Sekarang anda diminta untuk mengisi form di halaman ini. Silahkan anda isi sesuai degan data-data anda. Setelah selesai mengisi form silahkan pilih “Lanjut”.

4. Sekarang anda masuk ke halaman baru yaitu upload dokumen yang anda miliki. Silahkan upload sesuai dengan judul dokumen yang harus anda upload. Lakukan satu per satu. Setelah selesai silahkan anda pilih “Lanjut”.

5. Disini anda diminta untuk memilih Kantor Kedatangan KANIM dimana anda akan melakukan wawancara, pembayaran dan pengambilan paspor. Silahkan pilih Kantor Imigrasi sesuai pilihan anda kemudian pilih tanggal untuk proses verifikasi data, wawancara, pembayaran, photo dan sidik jari. Pastikan anda benar-benar mempunyai waktu luang untuk kesana. Setelah selesai anda pilih “Lanjut”.

BACA JUGA:  Cara Membuat Visa UAE Melalui TT Services

6. Disini anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan kode sesuai dengan gambar yang muncul pada kolom yang sudah disediakan. Lalu pilih “OK”.

7. Pada halaman berikut anda pilih “Bukti Permohonan” kemudian muncul halaman baru, silahlan pilih “Tanda Terima Pra Permohonan”. Silahkan anda cetak Tanda Terima Pra Permohonan tersebut untuk dibawa ke Kanim yang sudah anda tentukan berikut tanggalnya.

Langkah selanjutnya, anda harus datang ke kantor Imigrasi RI pada tempat dan tanggal yang tertera pada “Tanda Terima Pra Permohonan”.

Jangan sampai melewati waktu yang ditentukan, karena “Tanda Terima Pra Permohonan” tersebut akan dianggap hangus atau sudah tidak berlaku dan anda harus daftar ulang.

paspor bagian dalam

2. Daftar Manual

Anda bisa langsung mendatangi kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal anda dengan membawa persyaratannya. Disana anda akan diberi formulir untuk diisi. Silahkan isi formulirnya sesuai dengan data yang anda bawa.

Kami sarankan sebaiknya anda datang pagi-pagi untuk mendapatkan nomer antrian karena pasti banyak yang sedang antri. Selanjutnya ketika nomer antrian anda dipanggil, anda akan ditanya keperluan pembuatan paspor untuk apa lalu menyerahkan berkas dokumen berikut formulir yang sudah anda isi dan tanda tangani.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Berkunjung Ke Dubai?

Kemudian anda akan dibawa ke loket lain untuk wawancara dan pembayaran kemudian anda akan dibawa ke ruangan lain untuk pengambilan photo dan sidik jari. Setelah itu anda akan diberitahu kapan anda bisa megambil paspornya.

Waktu Pembuatan

Lama pembuatan paspor biasanya 3 hari kerja terhitung dari tanggal pengajuan paspor.

Pengambilan Paspor

Jangan lupa untuk datang sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak Kanim dengan membawa bukti pembayaran paspor saat pengambilan paspor. Jangan sampai anda tidak mengambil paspor anda lebih dari 30 hari. Karena paspor anda akan dimusnahkan jika lebih dari 30 hari tidak diambil dan anda harus daftar lagi mulai dari awal.

Tips

– Datang pagi-pagi saat proses pengurusan dan pastikan anda punya cukup waktu.
– Berpakaian rapi saat proses pengambilan photo
– Siapkan Fotocopy-an data anda ketika datang. Karena untuk fotocopy di Kanim anda harus antri.

Bagaimana…gampang kan? Yuk rame-rame bikin paspor…

 

baca sebelumnya Syarat dan Biaya Pembuatan Paspor

Related Post