Bagaimana Cara Membuat Paspor?

Ingin travelling ke Dubai atau ke tempat wisata di luar negeri lainnya? Nah, anda akan memerlukan sebuah paspor sebagai kartu identitas anda. Berikut adalah ulasan rinci tentang bagaimana cara membuat paspor termasuk biaya yang perlu dikeluarkan dan apa saja syarat yang dibutuhkan.

Apa itu paspor dan Untuk Apa

paspor indonesia

Paspor merupakan dokumen penting khususnya untuk perjalanan ke luar negeri. Tanpa paspor anda tidak bisa mengunjungi negara lain. Di luar negeri, paspor merupakan kartu identitas kita. Jadi sangat penting bila bepergian ke luar negeri paspor harus di tangan. Jika hilang atau rusak harus segera melapor.

Di dalam paspor terdapat photo pemegang, nama lengkap, tanggal lahir, tempat dimana paspor di keluarkan, tanggal pembuatan, tanggal masa berlaku paspor, keterangan domisili dan lain-lain.

Ketika anda berkunjung ke negara lain, paspor anda akan di stempel “exit” oleh bandara di Indonesia dan di stempel “entry” di bandara negara yang anda kunjungi. Begitu juga bila anda meninggalkan negara tersebut, paspor anda akan di stempel “exit” dan di stempel “entry” di bandara tujuan anda berikutnya.

BACA JUGA:  Dokumen yang Diperlukan untuk Pengajuan Visa UAE Online via TT Services

Macam Paspor

Sekarang ada dua macam paspor di Indonesia, yaitu paspor biasa dan e-paspor. Paspor biasa merupakan paspor jenis konvensional sementara e-paspor merupakan pengembangan dari paspor biasa dimana terdapat chip yang berisi data biometrik pemegangnya. Hanya menempelkan chip tersebut di sebuah mesin pembaca paspor, mana data pemegang akan keluar secara otomatis tanpa perlu membaca secara manual untuk pengecekan.

Jenis paspor berdasarkan kegunaannya

Ada beberapa paspor yang di keluarkan oleh pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk golongan tertentu sesuai dengan fungsinya, antara lain:

1. Paspor umum

Paspor ini mempunyai sampul berwarna hijau dan ada dua jenis yang berbeda menurut jumlah halamannya yaitu 24 dan 48 halaman. Biasa di gunakan oleh masyarakat umum untuk keperluan berlibur atau bekerja. Paspor ini dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi, Departemen Hukum dan Perundang-undangan

BACA JUGA:  Cara Membuat Paspor

2. Paspor kedinasan

Paspor dengan sampul biru ini biasa di pakai oleh pegawai negeri, konsulat dan lain-lain dengan tujuan tugas ke luar negeri. Paspor ini dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri

3. Paspor diplomatik

Paspor ini bersampul hitam. Biasanya di pakai para diplomat yang berkunjung atau bertugas ke luar negeri. Pemegang paspor ini memiliki kekebalan di negara yang di kunjungi dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri

4. Paspor haji

Paspor bersampul coklat hanya untuk keperluan haji.

Related Post

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *