Wisata Unik, Murah dan Menarik di Dubai Museum

dubai museum

Jika anda penyuka sejarah, benda pusaka atau peninggalan jaman dulu, maka tempat yang satu ini jangan sampai anda lewatkan jika anda ke Dubai. Dubai mempunyai banyak tempat koleksi barang dan bangunan bersejarah. Kali ini kami akan mengajak anda untuk menelusuri Dubai Museum. Disini anda akan dibuat seolah-olah berada di jamannya ketika melihat isinya. Penasaran? Yuk kita simak yang berikut ini…

Sejarah Dubai Museum

Dubai Museum, dulunya merupakan sebuah benteng yang digunakan sebagai benteng pertahanan dari serangan invasi. Dibangun pada tahun 1787 dan di kenal dengan nama Al Fahidi Fort. Merupakan bukti sejarah, bangunan tertua di kota Dubai yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Tepatnya di daerah Al Fahidi Fort. Al Fahidi Fort ini berbentuk segi empat yang mana terdapat tower di tiga sudutnya.

Dubai museum

Dubai Museum dibangun menggunakan batu karang dan mortar dengan beberapa tahap. Hanya bagian selatan saja masih terdapat sisa-sisa dinding kota. Di buka sebagai museum pada tahun 1971.

Apa saja yang ada di Dubai Museum?

Di Dubai Museum, anda bisa melihat bukti-bukti sejarah, kerajinan tangan khas Dubai, replika suasana kehidupan orang-orang nya dari jaman dahulu hingga sekarang.

Replica of Fisherman Life at Dubai Museum

Tampak di luar museum terdapat Dhow yang tinggi. Dimana dibawahnya adalah bagian dalam museum yang merupakan galeri kehidupan bawah laut. Di depan gerbang utama terdapat dua meriam.

 war equipment at dubai museum

Ketika anda masuk ke Dubai Museum, anda akan melihat counter tiket terlebih dahulu kemudian anda akan berada dalam area terbuka dimana banyak senjata-senjata kuno dan juga peluru meriam disana.

BACA JUGA:  Cara Membeli Tiket Aquaventure Waterpark

al abra

Anda bisa melihat kapal-kapal yang digunakan pada jaman dahulu, sumur tua dan juga Arish yang berada di salah satu sudut.

dubai museum, inside al arish

Arish ini merupakan rumah musim panas tradisional jaman dahulu yang terbuat dari daun palm. Di dalamnya terdapat sebuah ruangan dengan tempat tidur jaman dulu juga dapur dengan peralatan masak di jamannya.

dubai museum, a room inside arish

Arish ini di lengkapi juga dengan menara angin yang berfungsi sebagai alat pendingin di musim panas untuk masa-masa tanpa listrik.

Di setiap sudut Dubai Museum ini terdapat pintu masuk untuk melihat galeri-galeri yang di pamerkan. Di pintu masuk bagian barat daya, anda akan menemui tangga yang melingkar ke bawah. Disana anda akan menemui peta lama kota Dubai.

Di sampingnya terdapat video yang menggambarkan perkembangan kota Dubai dari jaman sebelum minyak di temukan, tahun 1960, hingga saat ini.

dubai museum, replica of making dhow

Di pintu selanjutnya anda akan menemui semacam replika kehidupan dimana dhow sedang di bangun oleh beberapa orang.

 

Jika anda terus melangkah, anda akan melihat replika kehidupan masyarakat Dubai jaman dahulu di perkebunan kurma, di pasar ikan, tenda-tenda yang terdapat perhiasan keseharian masyarakat Badui, penjahit, tukang kayu, penjual bumbu-bumbu, penjual ikan, kurma dan lain-lain serta suasana malam di gurun dengan tenda dan api unggun di depannya.

Kemudian ketika anda hendak menuju pintu keluar Dubai Museum, anda akan menuruni tangga yang melingkar. Di lantai bawah tersebut, sebelum anda keluar, terdapat toko souvenir yang menjual souvenir khas Dubai. Anda bisa berbelanja buah tangan di sana atau sekedar melihat-lihat. Jika anda keluar, anda akan mendapati diri anda berada di luar museum bagian lain.

BACA JUGA:  Cara Menuju ke Aquaventure Waterpark

Biaya Masuk ke Dubai Museum

Dubai Museum ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi wisatawan. Pada tahun 2013, pengunjung museum ini mencapai lebih dari 1 juta pengunjung. Rata-rata pengunjung datang antara bulan Agustus-April setiap tahunnya.

Tiket masuk hanya AED 3 per orang. Waktu kunjungan setiap hari dari jam 8.30 pagi sampai jam 8.30 malam kecuali jumat dari jam 2.30 sore sampai 8.30 malam.

Bagaimana cara menuju ke Dubai Museum

Dubai museum berada di wilayah yang selalu hidup. Sehingga transportasi apa saja mudah di dapat untuk menuju ke sana. Bisa ditepuh dengan bus, metro, taksi dan abra.

Bus

Jika anda naik bus, anda bisa turun di stasiun bus Al ghubaiba kemudian berjalan kaki sekitar 10 menit menuju Dubai Museum.

Metro

Dengan metro anda bisa turun di satsiun metro Al Fahidi atau stasiun metro Al Ghubaiba. Kemudian berjalan kaki sekitar 10-15 menit menuju Dubai Museum. Namun stasiun metro Al Fahidi yang lebih dekat.

Taksi

Dengan taksi anda bisa turun di depan Dubai Museum langsung.

Abra

Jika anda dari arah Deira, anda bisa menyebrang dengan Abra selama 5 menit menuju Bur dubai dock kemudian berjalan kaki kurang lebih 10 menit menuju Dubai Museum.

Mobil

Anda bisa mengambil arah menuju ke Al Fahidi Road kemudian parkir di area dekat sana. Disini daerahnya ramai. Jadi anda harus bersabar untuk mendapatkan tempat parkir.

Jangan lupa..abadikan setiap momen anda ketika berada di sana. Selamat berkunjung ke Dubai Museum…

Related Post